RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Satuan Pendidikan |
: |
UPT SMK Negeri 2 Jeneponto |
Mata Pelajaran / Tema |
: |
Komputer dan Jaringan Dasar / Permasalahan, Perbaikan Perangkat Keras |
Kelas / Semester |
: |
X TKJ / 2 (Dua) |
Materi Pokok / Kompetesi Dasar |
: |
3.9. Menganalisis permasalahan pada perangkat keras 4.9. Melakukan perbaikan pada perangkat keras |
Alokasi Waktu |
: |
5 x 45 Menit |
1. Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran
dengan menggunakan model discovery learning diharapkan peserta didik mampu:
1.1. Menentukan cara pemeriksan permasalahan pada perangkat
keras jika diberikan studi kasus dengan baik.
1.2. Mendeteksi letak kerusakan komponen perangkat keras computer
jika diberikan studi kasus dengan baik dan benar.
1.3. Memperbaiki kerusakan perangkat keras komputer jika
diberikan studi kasus dengan baik dan benar.
1.4. Menguji hasil perbaikan perangkat keras komputer jika
diberikan studi kasus dengan baik dan benar.
1.5. Membuat laporan hasil perbaikan perangkat keras komputer
jika diberikan studi kasus dengan baik dan benar.
2. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1. Metode, Media dan Sumber Belajar
§
Metode / Model
: Discovery Learning dan Problem Base Learning
§
Alat / Media : Seperangkat
PC, Smartphone, Kertas, Balpoint dan Akses Internet.
§
Sumber Belajar
: Internet, Youtube dan Buku Paket (Prasetyo SA, S.Pd. (2018). Komputer dan Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik
Komputer dan Informatika SMK/MAK. Jakarta : Bumi Aksara.)
2.2. Pendahuluan/Kegiatan Awal
§
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
§
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari;
§
Mengantarkan
peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk
mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan
dicapai;
§
Menyampaikan
garis besar cangkupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas;
2.3. Kegiatan Inti
§
Mengamati : Guru
memberikan gambaran dan peserta didik melihat/mengamati gambaran tentang menganalisis
permasalahan dan melakukan perbaikan pada perangkat keras komputer dan
contohnya berdasarkan kasus tertentu;
§
Menanya : Guru
bertanya kepada peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya tentang menganalisis permasalahan dan melakukan perbaikan pada
perangkat keras komputer dan contohnya berdasarkan kasus tertentu;
§
Mengumpulkan
Informasi : Peserta didik membaca dari sumber lain dalam memahami tentang menganalisis
permasalahan dan melakukan perbaikan pada perangkat keras komputer dan
contohnya berdasarkan studi kasus tertentu;
§
Menalar : Peserta
didik melakukan eksperimen tentang menganalisis permasalahan dan melakukan perbaikan pada
perangkat keras komputer dari studi kasus tertentu;
§
Mengkomunikan
Hasil : Siswa melaporkan hasil kerja dalam diskusi kelas dengan bimbingan guru;
2.4. Penutup
§
Guru
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran dan melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram serta emberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas indivisual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
§ Menyapaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya;
3.
Penilaian Hasil Pembelajaran
3.1. Penilaian pengetahuan berupa tes tertulis (pilihan ganda/uraian), tes
lisan/observasi (diskusi Tanya jawab dan percakapan serta penugasan).
3.2. Penilaian ketrampilan (unjuk kerja,
penilaian proyek, penilaian
produk dan penilaian portofolio).
Mengetahui
: Kepala UPT
SMK Negeri 2 Jeneponto, Dra. Hj. BASSE T., M.Pd.I. NIP. 19650815 199703 2 001 |
|
Jeneponto,
4 Januari 2021 Guru Mata
Pelajaran, SIGIT JUPRIHARTORO, S.T. NIP.19890413
201708 1 001 |
No comments:
Post a Comment