Nama Satuan Pendidikan |
: |
UPT SMK Negeri 2 Jeneponto |
Mata Pelajaran / Tema |
: |
Komputer dan Jaringan Dasar / Perawatan Perangkat Keras Komputer |
Kelas / Semester |
: |
X TKJ / 2 (Dua) |
Materi Pokok / Kompetesi Dasar |
: |
3.8. Menerapkan perawatan perangkat keras komputer 4.8. Melakukan perawatan perangkat keras komputer |
Alokasi Waktu |
: |
5 x 45 Menit |
1. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning diharapkan peserta
didik mampu:
1.1. Menjelaskan jenis-jenis perawatan perangkat keras jika
diberikan pertanyaan dengan baik dan benar.
1.2. Menentukan cara perawatan perangkat keras computer
jika diberikan pertanyaan dengan baik dan benar.
1.3. Mengurutkan langkah-langkah perawatan perangkat keras komputer
jika diberikan studi kasus dengan baik.
1.4. Melakukan perawatan perangkat keras computer jika
diberikan studi kasus dengan baik dan benar.
1.5. Membuat laporan hasil perawatan perangkat keras
computer jika diberikan studi kasus dengan baik dan benar.
2. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1. Metode, Media dan Sumber Belajar
§
Metode / Model
: Discovery Learning dan Problem Base Learning
§
Alat / Media :
Smartphone, Kertas, Balpoint dan Akses Internet.
§
Sumber Belajar
: Internet, Youtube dan Buku Paket (Prasetyo SA, S.Pd. (2018). Komputer dan Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik
Komputer dan Informatika SMK/MAK. Jakarta : Bumi Aksara.)
2.2. Pendahuluan/Kegiatan Awal
§
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
§
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari;
§
Mengantarkan
peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk
mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan
dicapai;
§
Menyampaikan
garis besar cangkupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas;
2.3. Kegiatan Inti
§
Mengamati : Guru
memberikan gambaran dan peserta didik melihat/mengamati gambaran tentang jenis-jenis,
cara dan langkah perawatan perangkat keras komputer dan contohnya berdasarkan
kasus tertentu;
§
Menanya : Guru
bertanya kepada peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya tentang jenis-jenis, cara dan langkah perawatan perangkat keras
komputer dan contohnya berdasarkan kasus tertentu;
§
Mengumpulkan
Informasi : Peserta didik membaca dari sumber lain dalam memahami tentang jenis-jenis,
cara dan langkah perawatan perangkat keras komputer
dan contohnya berdasarkan studi kasus tertentu;
§
Menalar : Peserta
didik melakukan eksperimen tentang jenis-jenis, cara dan langkah perawatan perangkat
keras komputer dari studi kasus tertentu;
§
Mengkomunikan
Hasil : Siswa melaporkan hasil kerja dalam diskusi kelas dengan bimbingan guru;
2.4. Penutup
§
Guru
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
dan melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram serta emberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas indivisual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
§ Menyapaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya;
3.
Penilaian Hasil Pembelajaran
3.1. Penilaian pengetahuan berupa tes tertulis (pilihan ganda/uraian), tes
lisan/observasi (diskusi Tanya jawab dan percakapan serta penugasan).
3.2. Penilaian ketrampilan (unjuk kerja,
penilaian proyek, penilaian
produk dan penilaian portofolio).
Mengetahui
: Kepala UPT
SMK Negeri 2 Jeneponto, Dra. Hj. BASSE T., M.Pd.I. NIP. 19650815 199703 2 001 |
|
Jeneponto,
4 Januari 2021 Guru Mata
Pelajaran, SIGIT JUPRIHARTORO, S.T. NIP.19890413
201708 1 001 |
No comments:
Post a Comment