Saturday, June 27, 2020

Bagaimana Cara Membuat Website

Pernah disuatu hari saya membaca sebuah komentar atau postingan yang menanyakan "Bagamana sih cara membuat sebuah Website?" atau "Apa saja sih yang harus dikuasai untuk membuat sebuah website?". Disini saya akan coba jelaskan menurut keilmuan saya yang saya miliki dan masih cetek ini.

Dalam membuat sebuah website ilmu paling dasar yang harus kita kuasai adalah yang pertama itu 

Algoritma

Kenapa sih Algoritma? karena dalam algoritma didalamnya terdapat logika dan ini yang terpenting. Jadi, logika kita tuh harus jalan begitu kira-kira. Di dalam Algoritma kita belajar percabangan, pengulangan dan sebagainya. Misal syarat untuk lulus ujian itu nilainya minimal harus delapan puluh, sedangkan kamu punya nilai tujuh puluh, kira-kira kamu lulus enggak tuh? pasti enggak kan... Nah itu baru contoh logika yang sederhana yang menggunakan algoritma percabangan.

Jadi janga lupa untuk menguasai algoritmanya.
Saya yakin kalau logika kamu jalan, kalau algoritma kamu bisa, program serumit apapun bisa kamu pecahkan. Ya kalau tidak bisa kamu kuasai, paling tidak setengahnya deh kamu paham...
 
oke yang kedua adalah,
 
Database

Ini penting kamu harus kuasai Database. Hampir semua aplikasi website pasti membutuhkan tempat menyimpan data yang biasa kita sebut sebagai database. Ada banyak sekali database di dunia, ada Oracle, MySql, MS Access, db4o, Foxpro dan masih banyak lagi. Tapi untuk membuat sebuah website, saya rasa kamu cukup kuasai dulu deh database MySql. Kenapa?, karena ini yang biasanya kita pakai dalam membangun sebuah website. Untuk database yang lain bagaimana? Ya boleh deh, setelah kamu kuasai MySsl kamu boleh kembangkan ilmu kamu untuk mengporek database yang lain. 

Jadi, kuasai dulu database MySql ini, baik DDL (Data Definition Language) maupun DML (Data Manipulation Language) nya juga. 

Yang ketiga adalah,

HTML dan CSS 

Ini penting lho yang kamu mau belajar bikin Website, kalau kamu tidak bisa Pemrograman HTML bagaimana kamu bisa membangun sebuah tampilan website? Karena di dalam HTML kita belajar untuk membuat table, hyperllink dan sebagainya dan css nya sendiri biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan website kita.
 
Jadi, ini adalah dasarnya dari sebuah tampilan website kamu
 
yang keempat adalah,

PHP 

Nah ini yang terpenting, agar websitemu lebih dinamis, kamu perlu kuasai bahasa pemrograman ini. Maksudnya dinamis bagaimana ya?
 
Maksudnya pernah gak kamu lihat website yang bisa menampilkan berita-berita terbaru, postingan terbaru, atau bisa menghapus data, merubah data, bahkan melakukan pencarian data tanpa harus merubah kode htmlnya , nah itu kira-kira begitu maksud saya.
 
kalau kamu gak bisa php susah nanti websitemu bisa terkoneksi dengan database, masak sih kamu mau menambah sebuah berita atau postingan kamu harus merubah kode html nya juga? gak mungkin lah, bisa-bisa waktu kamu habis cuma untuk mau menambah berita.
 
Lantas seandainya tidak bisa php bagaimana? lha terus buat apa kamu belajar Algoritma, Database, HTML sama CSS itu tadi?

Nah itu deh kira-kira paling tidak yang harus kamu kuasai terlebih dulu. Yang saya sebutkan di tadi adalah pengetahuan yang kamu perlukan untuk membangun sebuah website, untuk pengembangannnya nanti, kamu bisa belajar Javascript, Framework dan sebagainya.

Jadi saran saya cobalah untuk membuat program kecil terlebih dahulu, jika sudah bisa, kamu bisa kembangkan dengan membuat sebuah aplikasi yang lumayan besar.

Terima kasih dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment