Tuesday, July 17, 2012

Algoritma Pemrograman Dasar

Pada materi ini akan kita akan membahas tentang algoritma pemrograman tinngkat dasar. Bahasa pemrograman yang akan kita gunakan adalah bahasa pemrograman C++ dan tools atau software yang akan kita gunakan adalah MinGW Developer Studio 2.05. 
Jika kalian ingin belajar pemrograman kalian harus mengerti dahulu dasar-dasarnya, seperti Algoritma, karena algoritma adalah jantung dari ilmu komputer.

A. Pengenalan, Asal Usul dan Pentingnya Algoritma

Algoritma adalah jantung ilmu komputer dan informatika. Banyak cabang dari ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Algoritma berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung.

Kata algorism diperkenalkan oleh Ahli Matematika : Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ahli matematika, astronomi, astrologi dan geografi yang berasal dari persia. Lahir sekitar tahun 780 di khwarizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad.

Buku pertamanya adalah Al-Jabar, yaitu membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut sebagai Bapak ALjabar.

Definisi Algoritma.
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Komponen yang harus ada dalam merancang Algoritma :
  1. Komponen masukan : terdiri dari pemilihan variabel, jenis variabel, tipe variabel, konstanta dan parameter (dalam fungsi)
  2. Komponen keluaran : merupakan tujuan dari perancanga Algoritma dan program. Permasalahan yang diselesaikan dalam algoritma dan program harius ditampilkan dalam kompnen keluaran. Karakteristik keluaran yang baik adalah menjawab permasalahan dan tampilan yang ramah.
  3. Komponen proses : merupakan bagian utama dan terpenting dalam merancang sebuah algoritma. Dalam bagian ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantik), rumusan, metode (rekusi, perbandingan, penggabungan, pengurangan, dll).
Sumber :
Oky Dwi Nurhayati. Dasar Algoritma. Program Studi S1 Sistem Komputer. Universitas Dipenegoro (.pdf)

No comments:

Post a Comment